• All
  • Category 1
  • Category 2

Terjemahan

Kerusakan pada monitor LCD BENQ type FP731

Disini ada sebuah monitor merek BENQ yang digunakan untuk layar monitor Computer,Seperti kebanyakan kerusakan yg terjadi pada monitor jenis LCD ini adalah tidak berpungsi sistem power supply. Penyebabnya adalah ruangan casing sangat sempit jadi udara panas tidak keluar Apa lagi pada model monitor ini,blok regulator sangat rapih dan terbungkus/casing alumunium yg rapat,sehingga pertukaran udara bebasnya menjadi sulit.


Kalau anda mempunyai monitor seperti ini dan kerusakan nya sama , anda boleh mencobanya untuk memperbaiki monitor ini, pertama-tama anda buka tutup belakang monitor,yang kedua anda buka kabel-kabel yang terpasang pada pin, yang ketiga perhatikan panel-panel yang terdapat pada papan PCB.

Kita bisa melihat bagian blok regulatornya, maka anda dapat secara langsung menebak komponen apa saja yang terlihat rusak,terutama anda periksa kabel input AC 220 volt ,sesudah itu anda cek sekring/fusenya, jika putus nada ganti dengan yang buru, sudah itu cek lagi bagian transistornya. Cara memperiksa transistor, kita harus mempergunakan multimeter ,maka pelacakan beralih pada bagian sekunder regulator, periksa mulai dari dioda sekundernya dahulu, setelah itu anda dapat langsung mengganti beberapa elco yang terlihat bocor dan menggembung. Meskipun anda cukup mengganti beberapa elco yang terlihat secara fisik telah bocor, tapi ada baiknya juga mengganti sekaligus beberapa elco pendukung lainnya, dengan alasan agar kerja regulator ini dapat bekerja normal.
Dalam gambar di bawah ini , kebanyakan elco yang rusak bernilai 470/16/25 dan 1000/16-25V. Persis dengan kerusakan yang terjadi pada beberapa merek monitor LCD yang lainnya. Monitor dikembalikan ke operasi normal setelah 8 filter kapasitor diganti. Breakdown Kapasitor sangat umum di Monitor LCD. Karena itu desain yang kompak, di mana panas yang suhunya mencapai 85 derjad bisa mengakibatkan kapasitor jadi menggelembung dan menjadi rusak, apa bila kita start maka pewer suplay tidak berfingsi. karena itu kesulitan untuk mentransfer keluar suhu panas di akibatkan karena listrik, papan ditutupi oleh aluminium perisai. Kadang-kadang setelah beberapa jam operasi, Anda bisa merasakan panas yang ekstrim di aluminium perisai dan daerah sekitarnya.






Perbaikan monitor LCD BENQ ini rupanya tidak sesulit apa yang saya duga sebelumnya. Pengalaman ini mungkin berguna bagi anda, dan paling tidak sedikit memberi dukungan mental bagi para hoby electronic lainnya. Semoga bermanfaat untuk anda.










Para pembaca yang terhormat, saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda ke website ini.